Pengertian dan definisi wirausaha menurut para ahli

          Wirausaha berasal dari kata wira dan usaha.Wira dapat berarti mulia, luhur, unggul, serta usaha berarti kemampuan melakukan usaha atas kekuatan sendiri. Jadi, wirausaha berarti manusia unggul dalam usaha atas kekuatan sendiri dan tidak bergantung pada orang lain.

  • Menurut Arif F. Hadipranata, wirausaha adalah sosok pengambil risiko yang diperlukan untuk mengatur dan mengelola bisnis serta menerima keuntungan financial ataupun non uang.
  • Drucker menilai wirausaha secara umum dalam arti jiwa atau nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, seperti adanya keinginan untuk melakukan perubahan, dan sifat harus terhadap sesuatu yang baru 
  • Kathleen mengemukakan bahwa wirausaha adalah orang yang mengatur, menjalankan, dan menanggung risiko bagi pekerjaan-pekerjaan yang dilakukannya dalam dunia usaha. 
  • Anwar Gozally mengartikan wirausaha sebagai seorang yang mengambil tanggung jawab untuk menciptakan atau memperkenalkan gagasan baru yang disebut innovasi. Mereka dapat berperan sebagai pencetus maupun penemu. Mereka merupakan pimpinan yang berupaya merealisasikan pemikiran menjadi kenyataan yang menguntungkan.
  • Thomas W Zimmerer Kewirausahaan adalah penerapan kreativitas dan keinovasian untuk memecahkan permasalahan dan upaya memanfaatkan peluang-peluang yang dihadapi orang setiap hari.
  • Andrew J Dubrin Seseorang yang mendirikan dan menjalankan sebuah usaha yang inovatif (Entrepreneurship is a person   who founds and operates an innovative business).
  • Robbin & Coulter
    Entrepreneurship is the process whereby an individual or a group of individuals uses organized efforts and means to pursue opportunities to create value and grow by fulfilling wants and need through innovation and uniqueness, no matter what resources are currently controlled. (Kewirausahaan adalah proses dimana seorang individu atau kelompok individu menggunakan upaya terorganisir dan sarana untuk mencari peluang untuk menciptakan nilai dan tumbuh dengan memenuhi keinginan dan kebutuhan melalui inovasi dan keunikan, tidak peduli apa sumber daya yang saat ini dikendalikan. 
  • Acmad Sanusi .Kewirausahaan adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan dasar sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses, dan hasil bisnis.
  • Zimmerer.Kewirausahaan adalah suatu proses penerapan kreativitas dan inovasi dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan 
  • Soeharto Prawiro Kewirausahaan adalah suatu nilai yang diperlukan untuk memulai suatu usaha (start-up phase) dan perkembangan usaha (venture growth)
          Inpres No. 5 tahun 1995 tentang Gerakan Nasional Memasyarakatkan dan Membudayakan kewirausahaan menjelaskan arti kewirausahaan. Kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku, dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha dan atau kegiatan yang mengarah kepada upaya mencari, menciptakan, menerapkan cara kerja, teknologi, dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik atau memperoleh keuntungan yang lebih besar.
Kewirausahaan adalah kepribadian wirausaha. Kewirausahaan dapat diistilahkan dalam bahasa Inggris entrepreneur. Kepribadian unggul kewirausahaan adalah nilai-nilai watak usaha yang sangat tinggi. Wirausaha merupakan pejuang kemajuan yang mengabdikan diri kepada masyarakat dalam wujud dedikasi dan tekadnya atas kemampuan sendiri untuk membantu memenuhi kebutuhan masyarakat yang makin meningkat, memperluas kesempatan kerja, turut serta, dan berdaya upaya mengakhiri ketergantungan pada luar negeri dan dalam melakukan fungsi-fungsinya tersebut selalu tunduk pada hukum dan lingkungannya.
Pendidikan kewirausahaan perlu diberikan sejak diri.

           Dalam rangka menjadi seorang wirausahawan yang tangguh, seseorang harus memiliki beberapa ciri tertentu antara lain sebagai berikut:
  1.  Memiliki keberanian untuk mengambil risiko dalam menjalankan usaha.
  2. Memiliki daya kreasi, imajinasi dan kemampuan yang tinggi untuk menyesuaikan diri dengan keadaan.
  3. Memiliki semangat dan kemauan untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi.
  4. Mengutamakan efisiensi dan penghematan penghematan biaya.
  5. Memiliki kemampuan untuk memotivasi bawahan atau partner usaha agar mempunyai kemampuan tinggi.
  6. Memiliki cara analisis yang tepat, sistematis dan metodologis.
  7. Tidak konsumtif, selalu menanamkan kembali keuntungan yang diperoleh, baik untuk memperluas usaha yang sudah ada maupun menanamkannya pada usaha-usaha yang baru.
  8. Memiliki kemampuan dalam menilai kesempatan yang ada serta membawa teknik-teknik baru dalam mengorganisasi usaha-usahanya secara tepat dan efisien.
          Kewirausahaan tidak muncul secara mendadak, akan tetapi melalui proses pembelajaran. Perlunya pendidikan kewirausahaan bagi setiap orang antara lain sebagai berikut :
  • Tenaga-tenaga wirausaha mempunyai kemampuan luar biasa. Oleh karena itu, sudah sewajarnya memberikan kesempatan kepada setiap manusia memiliki kepribadian wirausaha. Ilmu kewirausahaan dapat dibentuk, dilatih, dididik, dikembangkan dan ditingkatkan jumlahnya.
  • Seorang yang berjiwa wirausaha, diri sendirilah yang menjadikan seorang manusia yang berkepribadian dan berwatak unggul, memberikan kemampuan untuk membersihkan sikap mental negatif, serta meningkatkan daya saing dan daya juang untuk mencapai kemajuan.
  •  Jiwa kewirausahaan merupakan salah satu bekal bagi seseorang dalam menjalani kehidupan.
  •  Kewirausahaan adalah sumber peningkatan mutu kepribadian dan kemampuan usaha. Usaha penggalian kewirausahaan sangat mutlak diharapkan oleh setiap orang.
           Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh oleh suatu masyarakat dan negara dengan adanya orang-orang yang berjiwa wira-usaha, antara lain sebagai berikut :
  1. Sebagai generator dan sumber penciptaan serta perluasan kesempatan kerja.
  2. Sebagai pelaksanaan pembangunan yang dapat dipercaya integritasnya dan berdedikasi memajukan lingkungannya.
  3. Sebagai penolong orang lain agar orang lain mampu membantu dan menolong dirinya.
  4. Sebagai pembayar pajak yang teratur.
  5. Sebagai sumber tenaga manusia yang ideal. 
          Istilah kewirausahaan pada dasarnya merupakan suatu disiplin ilmu yang mempelajari tentang nilai, kemampuan (ability) dan perilaku seseorang dalam menghadapi tantangan hidup untuk memperoleh peluang dengan berbagai risiko yang mungkin dihadapinya, maka definisi:
“Entrepreneurship is the result of a disiplined, systimatic process of applying creativity and innovations to satisfy need and opportunities of the marketplace“.

IDENTIFIKASI DIRI
             Nama saya Fery Agus Priana, saya dari program Teknik Komputer. Kewirausahaan adalah keinginan ,semangat, sikap, perilaku, dorongan dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha dan atau kegiatan yang mengarah kepada upaya mencari, mengajukan,membangun, menciptakan, menerapkan cara kerja teknologi dan produk baru.
saya sendiri ingin sekali berwirausaha namun banyak faktor atau kendala kendala tertentu untuk menjadi seorang yang berwirausaha,, antara lain faktor modal dan apa yang harus saya wirausahakan. apa yang harus saya ciptakan hal itu masih menjadi suatu hal yang belum saya pecahkan.
keingin atau niat sudah saya pegang. dan mudah - mudahan saya diberikan kemudahan oleh Allah SWT. untuk bisa menjadi seorang yang berwirausaha yang sukses dan mengharumkan nama negri kita ini,. amin.

Sang narasumber, blog sahabat
http://intl.feedfury.com
http://putracenter.net
http://viewcomputer.wordpress.com/

Kunjungi tempat Download Games Gratis Terbiak : www.sejutagames.com

16 komentar:

bb vivi mengatakan...

wah mantaph gan..... terimakasih atas infonya.......
ijin kopas ya sobat,,,,,

sarah mengatakan...

nice infoh sobat,,, atas bantuanya saya ucapkan terimaksih..... saya akhirnya bisa mngerjakan tugas,,,,, nice ifoh,,,,

Fery agus priana mengatakan...

sama sama teman teman,,,,, silahkan di perdalam ilmunya

ahmad mengatakan...

nambah lagi wawasan saya nih,,,,,,,, terimakasih mas

nurdin mengatakan...

lanjutkan mas,,,, terimakasih ilmunya,,, sangat lengkap sekali....

rafi mengatakan...

terimakasih mas....

mas ramlan mengatakan...

kenapa gak nyoba nyari modal dibang aja mas,, biasanya kalo rencana mas sangat bagus bang pasti ngasih modal..... sukses selalu menyertai kita mas.... nice

BeDa mengatakan...

Alhamdulillah, dapat 10 definisi wirausaha dari artikel ini. terima kasih.

Salam ukhuwah

Arta Caem mengatakan...

Keren Infonya!!

Thanks ya,

Jangan ngak Singgah di tempat aku ya temen2 semua.

Moga sukses!

arti umara mengatakan...

thanks atas infonya ya, gue jadi bisa dapet info buat ngerjain tugas deh

Anonim mengatakan...

bagus dah informasi yg di berikan,, T O P dah,.
lebih rinci lagi yaa,, bnyak2 memberikan pengetahuan

Andri Wahyu Sulistyo mengatakan...

wah ini ni yg saya cari cari dr kmren,
ijin copas ya buat nglengkapi tugas akhir.
terimkasih.

salam kenal ya
kl ada waktu bolehlah berkunjung ke blog saya
http://www.mautau.net/

Irmha mengatakan...

Wahhhhh mantapppp bettull

Surat Pengunduran Diri mengatakan...

sip lengkap gan, Thanks ya :D

Unknown mengatakan...

gan,,, boleh minta sumber atau nama bukunya?

Anonim mengatakan...

ok thank's, boleh minta sumbernya lengkap dan nama bukunya??

Posting Komentar

terimakasih agan-agan telah sudi memberikan cendolnya pada saya gan......

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. TUTORIAL TIPS and TRICKS - All Rights Reserved B-Seo Versi 3 by Bamz